Mempercepat loading page sebuah web


Mempercepat loading page sebuah web, sangat diinginkan bagi pemilik website. Hal itu berpengaruh bagi pengunjung yang pasti akan sangat terganggu ketika harus menunggu loading page sebuah web, yang terasa sangat lama. Di tambah lagi bandwith yang miskin membuat frustasi jikalau harus membuka sebuah halaman web tersebut. Sebenarnya untuk bisa mempercepat proses loading page sebuah web ada 2 sisi yang bisa disetting. Yakni dari sisi client, yang artinya kita mensetting web browser kita, dan dari sisi server artinya kita mensetting dari script web kita.

Dari sisi client, bisa ditambahkan berbagai add-ons atau plugin yang sesuai dengan browsernya masing-masing. Hal itu tergantung dari seberapa besar dukungan add-ons yang bisa dipakai oleh browser-browser tersebut. Kendala yang terjadi adalah tidak semua browser menyediakan add-ons yang bisa mempercepat loading page sebuah web. Dan ketika penambahan add-ons pada browser akan meningkatkan besarnya resource memory yang harus dipakai.

Dan dari sisi server, untuk mempercepat loading page sebuah web, kita bisa gunakan fungsi bawaan dari PHP. Sebuah fungsi bawaan yang dimana akan meng-compress html dari page yang akan kita buka. Dengan demikian file yang akan kita buka menjadi lebih kecil ukurannya. Dengan penambahan fungsi PHP berupa : ob_start("ob_gzhandler"), maka page tersebut akan di compress menjadi berukuran lebih kecil. Sehingga proses pentransferan file akan lebih cepat.

Dimana melatakkan fungsi ob_start("ob_gzhandler") ini !?!?

Karena fungsinya untuk meng-compress, maka fungsi ini diletakkan di script teratas dari sebuah file index, diletakkan sebelum script yang lainnya. Jika file indexnya di pisah-pisah antara header.php, index.php, footer.php (seperti di wordpress), maka fungsi tersebut diletakkan di file header.php dan dengan menambahkan code PHP sebelumnya. Contoh :

<?php ob_start("ob_gzhandler"); ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 .........

Kelebihannya, dari sisi browser tidak perlu menambahkan add-ons yang bisa membebani kinerja CPU. Tapi hal ini hanya bisa dilakukan oleh website yang hostingannya bisa diatur-atur, seperti self hosting dan blogspot. Dengan menambahkan fungsi ob_start("ob_gzhandler"), maka dari sisi server akan meng-compress file tersebut. Dan ketika file yang berukuran kecil ini ditransfer, maka akan lebih cepat, yang akhirnya akan mempercepat loading page sebuah web.

Tertarik mencobanya !?!? Semoga bermanfaat :) .

One thought on “Mempercepat loading page sebuah web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s