Cara Membuat File Torrent


Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah Torrent, file yang digunakan sebagai media pertukaran file antar komputer ini. Pada dasarnya file torrent merupakan sekumpulan informasi yang memuat data file, pelacak, dan pc yang sudah dan sedang melakukan download. Dari file inilah, situs tracker seperti Monova, TPB, dan yang lain melakukan tugasnya, bertukar informasi seputar file yang dibagi-download-kan.
kali ini saya ingin menyampaikan kembali dasar-dasar langkah pembuatan file torrent dan bagaimana membagikannya di Internet.

Membuat file torrent tidak sesulit yang dibayangkan. Saat ini Torrent sangat populer sebagai media untuk berbagi file melalui jaringan P2P (Peer to Peer), banyak di antara Anda mungkin sudah mendownload beberapa file torrent, tapi bagaimana jika Anda ingin untuk membuat dan berbagi video pernikahan Anda sebagai torrent di antara beberapa teman-teman Anda.

Berikut ini adalah tutorial sederhana yang akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya untuk membuat file torrent, Anda akan memerlukan klien BitTorrent untuk membuat sebuah file torrent. Dalam tutorial ini kita akan menggunakan klien populer uTorrent, sebagian besar klien BitTorrent lain akan memiliki cara yang sama atau mirip langkah-langkahnya untuk membuat sebuah file torrent.

Langkah 1 – Buat file Torrent baru: Buka uTorrent–>File–>create a new torrent

https://i0.wp.com/img44.imageshack.us/img44/7821/utorrentcreatenewtorren.png

Langkah 2 – Pilih File atau Direktori: Pada jendela baru yang terbuka, pilih file atau folder yang Anda inginkan untuk berbagi dengan keluarga atau teman-teman Anda. Anda juga dapat melewatkan file tertentu di dalam sebuah direktori.

https://i1.wp.com/img44.imageshack.us/img44/9494/selectfileordirectoryfo.png

Langkah 3 – Menambahkan Tracker: A Bit Torrent tracker pusat mengkoordinasikan P2P transfer file di antara pengguna. A torrent tanpa server pelacak tidak ada gunanya, sehingga Anda perlu untuk menemukan dan menggunakan server pelacak. Anda dapat menggunakan salah satu dari pelacak bebas berikut untuk berbagi file Anda.

http://open.tracker.thepiratebay.org/announce

http://www.torrent-downloads.to:2710/announce

http://www.sumotracker.com/announce
http://tracker.ilibr.org:6969/announce

http://tracker.prq.to/announce

http://bt1.the9.com:6969/announce

http://sombarato.org:6969/announce

http://free.btr.kz:8888/announce

http://denis.stalker.h3q.com/announce

http://tracker.irc.su:80/announce

http://kubanmedia.org:2710/announce

http://linuxoid.dyndns.org:4443/announce

http://tracker.mightynova.com:4315/announce

http://p2p.lineage2.com.cn:6969/announce

http://tracker.torrentbay.to:6969/announce

http://tracker.bitreactor.to:2710/announce

http://tracker.mightynova.com/announce

http://bt.rghost.net/announce

http://gdbt.3322.org:6969/announce

http://tracker.torrent.to:2710/announce

Situs tracker di atas bertugas mengatur transfer data torrent Anda. Nama situs tracker mirip sekali dengan URL pada umumnya.

Langkah 4 – Start seeding: Sebelum salah satu dari keluarga atau teman-teman dapat men-download data, perlu dibagi. Di bawah “Other option”, pilih “start seeding” dan klik “Create and save as” tombol untuk membuat torrent.

https://i2.wp.com/img268.imageshack.us/img268/8907/utorrentstartseedingtor.png

Langkah 5 – Berbagi dengan keluarga dan teman-teman: Setelah Anda menciptakan file torrent, Anda dapat mengirimkan email kepada teman dan keluarga Anda yang dapat men-download konten ke PC mereka dan terus membaginya dengan orang lain.

Yang harus di ketahui oleh sobat, dalam torrent adalah mengenai seeder dan leecher. Seeder : adalah mereka yang sudah, mendownload 100% (lengkap), dan leecher : adalah mereka yang belum selesai download (blom 100%).

Dari web2 penyedia file torrent (misalnya isohunt.com), ketika kamu mau ambil file .torrent tersebut, biasanya akan tertulis jumlah seed dan leech. Nah jika jumlah seed nya sedikit, kemungkinan besar speed downloadnya lambat. Apalagi kalau tidak ada seed sama sekali, file tersebut tidak akan pernah selesai kamu download.

Anda juga dapat meng-upload torrent ke server publik, tetapi hanya lakukan jika anda ingin berbagi file dengan masyarakat umum.

Semoga bermanfaat :D :D

=> Utorrent Downloader.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s