Sedikit Kenyataan


Sekarang banyak program tinggal pakai, baik itu desktop atau web…
software housenya makin banyak juga..
dari yg gratis,, sampai yg berbayar..
gadget pun bermunculan, canggih pastinya..
ini menjadi tantangan buat anak TI,elektro.dll.. untuk bisa mengikuti jaman..
di bangku kuliah dan tempat kursus kita di ajarkan dan dituntut untuk bisa membuat suatu program.. dengan mengunakan bahasa pemrograman seperti java,PHP,Visual.Net,Oracle,dll..
yang membuat mahasiswa seperti “mati muda”, karena untuk memahami dan menguasai Bahasa pemrograman tersebut, membutuhkan waktu,pemikiran,juga uang ..

Setelah seorang mahasiswa berhasil mengusai suatu bahasa pemrograman, pastilah ia berfikir untuk mencoba membuat suatu program dan berharap programnya itu akan berguna bagi orang yang membutuhkan.. atau minimal membuat diri sendiri menjadi senang.

Namun seiring waktu berjalan ternyata “Program” yang telah di buat dan dirancang dengan penuh pengorbanan… sudah di buat oleh orang lain , dengan konsep yang sama dan bahasa yang sama, bahkan sudah terkenal dan di pakai oleh beberapa kalangan.. Gratis pula… Parahnya…. program tersebut bahkan lebih “keren” karena mungkin sang pembuat mempunya skill algoritma yang “lebih” atau lebih dulu mendalami dan menguasai bahasa pemrograman tersebut.

Alhasil.. program yang sudah terlanjur tercipta itu akan menjadi tidak berguna lagi..
parahnya.. Orang di sekitar kita akan menganggap bahwa program ini.. mencontek source kode ataupun idenya.. Padahal.. sebelumnya Kita berniat untuk tidak memungut biaya bagi yang menggunakan program tersebut alias gratis..

Mencoba bekerja sama dengan teman atau orang lain untuk menyatukan ide.. dengan satu tujuan yang sama,yaitu membuat program dan berharap akan terpakai untuk orang banyak dan tidak dipungut biaya sepeser pun bagi yang mengunakannya. alias free bin gratis..

Sekali lagi…!! terulang lagi..!! seiring waktu.. ternyata program setengan jadi yang belum launching ini.. sudah beredar dengan konsep yang sama dengan bahsa pemrograman yang sama bahkan lebih “keren” dengan embel-embel gratis juga .. bagi yang menggunakan..

Dengan setengah putus asa.. timbul pertanyaan.. ini salah siapa,dosa apa.? atau memang sudah nasib tau takdir.. kami kalah dengan mereka yang notabene bukan keturunan indonesia alias orang bule…

Akhirnya dislipin ilmu yang membuat “mati muda” ini.. tinggal menjadi sekedar Hobby..
namun seiring waktu berjalan,dengan mengunakan atau mengedit sourcode program orang lain .. toh kita bisa menghasilkan uang juga bahkan membuat atasan kita puas dengan hasil kerja kita.. karena sesuai dengan tuntutannya..

karena kadang mengunakan,merakit,memodif.. item² tsb, membutuhkan sedikit keahlian … karena untk membuatnya, sama saja membuang waktu.. IMHO

(membuat.. ??)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s