install phpmyadmin di ubuntu 12.04


saya membaca sebuah artikel bagus di internet tentang cara instalasi phpmyadmin   di ubuntu 12.04, dan sangat membantu sekali bagi saya khususnya.

saya memakai ubuntu 12.04.2 32 bit,sebelumnya saya sudah coba beberapa artikel artikel di internet,namun selalu menemukan error2 yang bikin eneg..

error :

phpmyadmin

artikel ini lanjutan dari tulisan saya tentang  instalasi nginx,php,msql di ubuntu 12.04

install phpmyadmin : 

$ sudo apt-get install phpmyadmin

lalu akan pilihan “configure the database with dbconfig” pilih saja  “yes”

lemp-phpmyadmin-dbconfig

buat symbolic link :  

$ sudo ln -s /usr/share/phpmyadmin/ /usr/share/nginx/www

restart nginx :

$ sudo service nginx restart

buka browser : 

Screenshot from 2013-09-26 23:34:36

note :
“/usr/share/nginx/www” > default directory nginx,
bisa kita sesuaikan dengan selera, dengan mengedit :

$ sudo nano /etc/nginx/sites-available/default

sumber : https://www.digitalocean.com/community/articles/how-to-install-phpmyadmin-on-a-lemp-server

Tinggalkan Balasan

